Desain Rumah 2 Lantai Yang Cantik Dan Minimalis

Tingginya permintaan lahan perumahan di perkotaan tak sebanding dengan ketersediaan lahan yang cukup terbatas. Karena itulah konsep rumah minimalis yang paling banyak diterapkan karena dapat memaksimalkan lahan yang sempit. Mungkin bagi anda yang masih single atau baru membangun keluarga kecil, tipe rumah minimalis akan sangat cocok. Namun bagaimana jika anda memiliki anggota keluarga yang agak banyak? mungkin anda bisa mencoba membangun rumah 2 lantai.

Membangun rumah dua lantai menjadi salah satu cara yang paling efektif menambahkan ruangan di dalam rumah tanpa menambahkan luas lahan. Cara ini pun memang banyak diterapkan masyarakat perkotaan yang berada di kompleks perumahan maupun area padat penduduk. Jadi, bagi anda yang bermasalah dengan lahan terbatas, maka konsep rumah 2 lantai minimalis ini bisa dijadikan pilihan.

Langkah Membangun Rumah 2 Lantai

Sebelum akan membangun rumah 2 lantai minimalis untuk hunian anda. maka ada banyak hal yang harus diperhatikan sebelumnya, seperti penjelasan di bawah ini.

Perencanaan Tata Letak Ruangan Di Dalam Rumah

Sebelum akan membangun rumah dua lantai, maka wajib bagi anda untuk merancang bagaimana tata letak ruangan didalamnya. Sebaiknya rencanakan dengan matang ruangan apa saja yang dibutuhkan. Selain itu rencana anggaran serta belanja material juga penting untuk mulai dirancang sedari dini. Anda bisa membuat gambaran kasar mengenai fungsionalitas dari setiap lantai. Misalnya saja, anda ingin menggunakan lantai 1 untuk area public dan lantai 2 untuk area pribadi. Atau anda bisa mendesainnya sesuai dengan kebutuhan keluarga anda.

Periksa Struktur Asli Sebelum Membangun

Membangun rumah 2 lantai sederhana sesuai dengan rencana awal akan sangat mudah dibandingkan dengan mengubahnya dari rumah 1 lantai. Apalagi jika anda sudah membeli rumah dalam bentuk jadi, tentunya sulit bagi anda untuk mengetahui strukturnya. Penting untuk mengetahui kekuatan struktur saat ingin membangun 2 lantai. Tanpa struktur yang kuatm tentunya rumah dapat roboh karena beban terlalu berat atau faktor lainnya. jadi sangat disarankan untuk menguji kekuatan struktur asli rumah secara keseluruhan.

Kolom Tambahan

Ketika ingin meningkat rumah, tentu anda akan bingung mengenai pondasinya. Namun tak perlu khawatir, solusinya adalah membuat suntikan kolom tambahan. Pastikan untuk menempatkan kolom tambahan tersebut disamping dari kolom utama. Sehingga nantinya akan membuat kolom struktur jadi kuat.

Pembuatan Dak

Pembuatan dak juga jadi poin yang cukup penting saat ingin membuat rumah bertingkat. Anda harus menggunakan stager serta bekisting untuk pembuatan dak. Untuk pembuatan dak ini tentunya harus membongkar pondasi lantai satu dan ini akan sangat merepotkan. Solusi terbaiknya adalah anda bisa menggunakan plat baja gelombang untuk bahan pembuatan dak lantai dua.

Pemilihan Material

Tentunya pemilihan material ini harus diperhitungkan dengan tepat ketika akan meningkatkan rumah. Biasanya jasa kontraktor akan menyarankan pemilik rumah menggunakan material ringan untuk lantai dua. Biasanya material ringan ini berbentuk partisi dinding interior dan bata gebel untuk dinding eksterir. Sedangkan untuk dak beton yang bobotbya berat dapat digantingkan menggunakan papan fiber semen untuk lantai.

Sesuaikan Dengan Budget

Bagaimanapun budget menjadi hal yang cukup penting saat ingin membangun rumah dua lantai. Jika anda menggunakan jasa kontraktor atau arsitek, maka anda bisa berkonsultasi untuk menyesuaikan pembangunan dengan dana yang dimiliki. Karena itulah penting untuk merancang anggaran dana pembangunan secara detail untuk menghindari pembengkakan dana.

Ide Desain Rumah 2 Lantai Konsep Minimalis

Konsep Rumah 2 Lantai terbuka

Ingin rumah yang sempit tampak terlihat luas dan lega? Mungkin anda bisa menerapkan konsep rumah 2 lantai keren ini. tantangan dalam mendesain rumah minimalis adalah bagaimana membuat ruangan di dalamnya yang terbatas terasa lebih lega dan luas. Selain dengan mengurangi penggunaan sekat di dalam rumah. anda juga bisa membuat konsep terbuka ini dengan memaksimalkan bukaan di dalam rumah. Sehingga ruangan bisa lebih menyatu dengan halaman rumah. memaksimalkan interaksi rumah anda dengan lingkungan di luarnya tak hanya bisa memberikan efek luas. Namun tentunya ini juga akan berpengaruh pada sirkulasi cahaya dan udara yang akan lebih baik dalam rumah 2 lantai anda. Tentunya ini akan memastikan jika suasana d dalam rumah nyaman untuk anda dan sekeluarga beraktivitas.

Untuk membuat konsep minimalis terbuka, anda bisa memanfaatkan dinding bagian depan rumah sebagai pintu dan jendela. Desain rumah dua lantai ini tidak menggunakan model atap yang curam, namun menggunakan model atap rata. Jika dilihat dari sisi aestetisnya, rumah ini akan tampak cantik meskipun ukurannya mungil.

Konsep Rumah 2 Lantai Industrial

Ingin tampilan rumah 2 lantai minimalis namun tetap terlihat keren? anda bisa mencoba menerapkan gaya rumah yang satu ini. gaya industrial ini akan membuat rumah jadi terlihat modern namun tidak terlalu eksentrik. Untuk menambahkan kesan industrial namun tidak berlebihan, anda bisa mengekspos material eksterior rumah. mulai dari material kayu hingga besi, bisa anda ekspos tanpa perlu takut terlihat eksentrik. Gunakan bentuk-bentuk yang sederhana seperti kotak simetris yang akan membuat rumah mungil anda tetap sederhana dibalik konsep industrialnya.

Konsep Rumah 2 Lantai Natural Tropis

Mungkin konsep rumah 2 lantai ini akan sangat cocok untuk di Indonesia. dengan menerapkan gaya natural dan tropis ini bisa jadi pilihan alternative yang membuat hunian yang nyaman ditinggali bersama keluarga. Anda bisa memulainya dengan mengaplikasikan kisi-kisi kayu serta menggunakan warna yang earthy tone untuk menghadirkan kesan tropis di rumah.

Namun membuat gaya natural dan tropis tak hanya sekeda tampilannya saja. Untuk mewujudkan konsep rumah ini, anda juga perlu mendesain ventilasi udara dengan menggunakan konsep cross ventilation. Ini akan membantu sirkulasi udara di dalam rumah sehingga kadar kelembaban dan temperaturnya tetap nyaman untuk anda dan sekeluarga.

Rumah 2 Lantai Simple All-White

Bagi anda yang menyukai hal-hal simple, mungkin anda bisa mendesain rumah 2 lantai sederhana anda dengan konsep all-white. Tak hanya menghadirkan warna putih saha, namun juga didesain dengan bentuknya yang sederhana. Anda bisa membuatnya berbentuk kotak tanpa tambahan detail yang membuat rumah 2 lantai anda tetap terlihat menarik dan estetis. Dengan menghadirkan warna putih yang cukup dominan, akan memberikan kesan yang formal, bersih dan juga rapi pada rumah anda. Selain itu memberikan warna dominan putih di dalam rumah juga membuatnya juga mudah didekorasi. Apapun dekorasi yang anda gunakan akan dapat menonjol dengan warna putih.

Nah itu tadi tips dan ide desain rumah 2 lantai yang minimalis namun tetap terlihat cantik. Jadi jangan berkecil hati jika memiliki lahan rumah yang terbatas. Anda bisa menciptakan rumah dua lantai yang menarik namun tetap nyaman ditempati bersama keluarga.