7 Desain Rumah Kayu Cantik Minimalis Yang Bisa Ditiru

Desain Rumah Kayu

Sudah sejak dahulu, beton dan batu bata menjadi material yang banyak difavoritkan para arsitek dalam membangun sebuah gedung maupun bangunan, termasuk rumah. Material-material ini seakan menjadi unsur atau elemen arsitek yang tidak tergantikan. Meskipun begitu, kayu juga jadi material lainnya yang memiliki peranan khusus dalam pembangunan rumah. Rasanya belum ditemukan bangunan yang 100% tidak menggunakan unsur kayu. Bahkan anda bisa menjadikannya sebagai elemen utama dalam pembangunan rumah. Desain rumah kayu bisa menghadirkan nuansa yang alami sekaligus emberikan kesejukan dan kenyamanan. Jika anda ingin mendesain hunian dengan konsep seperti ini, mungkin desain di bawah ini bisa anda jadikan inspirasi.

Pilihan Desain Rumah Kayu

1. Rumah Bergaya Country

Konsep rumah bergaya country seperti ini dibangun dengan bentuk berjenjang ala rumah panggung. Desain rumah ini rasanya memiliki keunggulan tersendiri apalagi jika anda membangunnya di kawasan yang rawan banjir. Hal ini dikarenakan desain rumah yang agak tinggi dan bagian kolong rumah juga bisa membantu untuk mendinginkan rumah. Anda bisa membangun spot favorit dengan menciptakan area balkon yang dapat dijadikan teras bersantai sambil menikmati pemandangan alam yang ada di depan mata.

2. Rumah Persegi Panjang

Untuk konsep rumah dengan material kayu ini memfokuskan pada gaya modern dengan desain berbentuk persegi panjang. Desain ini memungkinkan anda untuk memiliki rumah dengan ruang tamu yang agak luas. Untuk membuat kesan modern semakin terasa, bisa dengan menggunakan kaca transparan sebagai dekorasi untuk pintu dan jendela. Atau bisa menggunakan kombinasi material lainnya seperti besi untuk membuat kesan yang elegan dan modern semakin terasa. Sehingga cahaya alami pun juga bisa leluasa masuk ke dalam rumah. Tak hanya dapat membuat area dalam rumah tampak lebih luas, ini juga dapat meningkatkan pencahayaan internal.

3. Rumah Bergaya Modern

Rumah Kayu Modern Jendela Besar

Meskipun material yang digunakan berkonsep tradisional, namun konsep seperti ini bisa dirancang dengan gaya modern. Membuat tampilan hunian jadi terlihat segar dan elegan dilengkapi dengan bentuk jendela yang dekoratis. Rumah kayu modern ini dikelilingi dengan banyak jendela yang membuat sinar matahari hingga udara segar pun juga bisa masuk dengan bebas ke dalam rumah. Meskipun tidak dilengkapi dengan teras, namun hunian ini tak kalah nyamannya. Anda bisa membangunnya sebagai tempat bersembunyi sejenak dari keramaian dan hiruk pikuk perkotaan.

Untuk membuat tampilan dari luar semakin menarik, furnish berwarna coklat kemerahan akan membuat fasad rumah jadi menawan namun tetap simple. Sedangkan bagian atap standar yang dapat memperkuat kesan modern. Konsep yang ramah lingkungan juga karena didesain agar air hujan mengalir dengan mudah menuju pelimbahan dan dapat diolah untuk kebutuhan lainnya kembali.

4. Desain Rumah Kayu Yang Unik

Siapa bilang anda tak bisa mendesain sebuah rumah unik dengan menggunakan material kayu? Bahkan meskipun anda memiliki lahan hunian yang mungil sekalipun, anda bisa menggunakan konsep ini. Tak perlu selalu menempatkan ruang untuk bersantai di bagian depan. Anda bisa menempatkannya di bagian atap. Seperti konsep desain Backcountry Containers seperti ini yang menambahkan ruangan terbuka yang bisa digunakan bersantai di bagian atap rumah.

Desain hunian ini dinamakan Rustic Retreat XL, terlihat berbeda dengan tipe hunian lainnya. Karena kamar tidur seluruhnya ditempatkan di lantai dasar dengan tidak menambahkan loteng. desain eksterior juga terbilang unik karena terlihat seperti konsep tradisional namun memiliki ruangan terbuka dan teras yang semuanya menggunakan material kayu.

5. Desain Rumah Berteras Terbuka

Ingin lahan sempit namun tetap ingin bisa bersantai di ruangan teras ketika mendesain rumah kayu sederhana? Desain hunian dari Custom Container Living seperti ini mungkin bisa and aterapkan. Desain hunian ini didesain menyerupai gaya kontainer yang memilii ruangn terbuka mungil yang dimanfaatkan sebagai teras. Tak perlu cemas saat hujan atau panas ketika menikmati waktu santai disini karena teras mini didesain tertutup seluruh atasnya.

Desain hunian ini juga bisa memaksimalkan pencahayaan alami dengan menggunakan banyak pintu kaca dan jendela mungil. Meskipun bentuknya seperti rumah bergaya kontainer, namun keseluruhan desain terasa sangat lega karena mempunyai langit-langit yang tinggi dan memanjang ke belakang. Jadi, meskipun mungil namun desain hunian ini sangat funsgional bagi anda yang suka bersantai di teras rumah.

6. Desain Rumah Kayu Klasik Berpadu Teknologi Canggih

Rumah Kayu Modern

Desain rumah bergaya klasik juga bisa dipadu padankan dengan teknologi canggih. Seperti misalnya penempatan detekstor asap yang berkualitas di dalam dapur rumah. Bentuk unik dari desain hunian kayu ini dijamin akan membuat area terasa lebih nyaman dan luas. Anda pun bisa membuka bagian jendela pada atap yang memang dirancang khusus sebagai alur sirkulasi udara maupun dekorasi. Jadi desain hunian seperti ini tak kalah kerennya jika anda ingin mencobanya.

7. Rumah Mungil Untuk Tempat Bermain

Desain hunian kayu tak hanya bisa anda gunakan sebagai tempat tinggal saja. Namun anda pun juga bisa menerapkan untuk tempat bermain anak seperti ini. Jika anda memiliki halaman belakang yang cukup luas, anda bisa menggunakannya untuk membangun tempat bermain anak ini. Desain yang digunakan juga tidak kompleks, karena memang digunakan untuk bermain saja. Anda bisa membuat desain yang dibuat kotak saja. Namun untuk membuatnya semakin menarik, tambahkan dengan dekoratif berwarna yang membuat anak pun juga semakin senang bermain did alamnya.

Tips Dalam Membangun Rumah Kayu

Namun sebelum anda ingin menerapkan inspirasi desain hunian seperti diatas, perlu anda pahami jika ingin membuat rumah kayu sederhana sekalipun ada banyak faktor yang perlu diperhatikan. Dan berikut ini beberapa tips yang bisa anda gunakan sebelum akan membangun hunian kayu yang nyaman dan aman.

1. Lokasi Hunian

Sangat penting untuk memperhatikan dimana anda ingin membangun hunian anda tersebut. Lokasi dimana hunian akan dibangun tentunya akan mempengaru kondisi material utama yang digunakan. Jika anda memang ingin menggunakan rumah bermaterial kayu, maka sebaiknya hindari dari hal-hal yang sekiranya dapat merusak material. Sehingga hunian anda pun juga jadi lebih awet dan tahan lama.

2. Pemilihan Jenis Kayu

Pemilihan jenis kayu juga penting untuk diperhatikan. Tak hanya berpengaruh pada keindahan rumah namun juga kekuatan bangunan. Jenis material yang digunakan juga bisa mempengaruhi arsitektur dari bangunan hunian anda tersebut. Selain itu anda juga perlu menyesuaikan jenis material yang digunakan dengan fungsi hunian yang akan anda buat.

3. Pengawetan Rumah Kayu

Karena materi yang digunakan mudah sekali rusak atau mengalami keropos. Maka sebelum ingin membangun hunian idaman, material yang digunakan butuh proses pengawetan. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan, mulai dari pencelupan, pengovenan, pengecatan seingga tidak mudah lapuk dan terlindungi dari resiko rayap atau serangga.

Desain rumah kayu memang menjadi salah satu konsep hunian yang sangat cocok diterapkan di Indonesia. Desain dan konsep diatas bisa anda jadikan inspirasi dalam membangun hunian yang nyaman seperti yang anda idam-idamkan.