7 Tips Membangun Taman Rumah Minimalis Depan Rumah

http://villages-lorraine.com/wp-content/uploads/2020/01/Untitled-5.jpg

Bukan hanya terkesan sejuk, namun kehadiran taman rumah menajdi salah satu syarat rumah yang sehat dan juga tampak indah. Hunian yang dilengkapi dengan beraneka macam tanaman bisa memberikan kesan tersendiri di rumah anda. Bahkan meskipun lahan yang anda miliki terbatas, anda masih bisa membuat taman kecil di bagian depan rumah agar menciptakan hunian sehat dan menyejukkan. Dan pada kali ini, akan kami berikan beberapa tips yang bisa dicoba untuk membuat kebun kecil cantik di depan rumah anda.

1. Mulai Persiapkan Lahan

Hal pertama yang perlu anda persiapkan ketika membuat kebun kecil di depan rumah, anda bisa mulai dengan mempersiapkan lahan untuk menanam tanaman. Manfaatkan lahan depan rumah yang terbatas tersebut untuk memaksimalkan pembuatan taman anda. Mulai bersihkan area yang akan digunakan dari sampah atau tumbuhan ilalang. Jangan lupa untuk melembutkan tanah dengan bantuan sekop kecil untuk memudahkan saat menanam.

2. Pilih Desain Yang Sesuai Fungsi Dan Keinginan

http://villages-lorraine.com/wp-content/uploads/2020/01/Untitled-8.jpg

Berlanjut memilih desain taman rumah yang akan anda gunakan. Rencanakan dan pilih konsep kebun kecil mana yang anda inginkan. Hal ini bisa disesuaikan dengan fungsi taman yang ingin dibangun, apakah akan dibuat untuk kebun bunga, kebun sayur, atau berisikan tanaman mini untuk bahan dan bumbu dapur. Penentuan konsep ini akan sangat berpengaruh pada banyak hal, seperti pemilihan media penempatan tanaman.

Tak hanya menyesuaikan dengan fungsinya saja, namun sesuaikan dengan ukuran halaman rumah yang anda miliki. Idealnya halaman tersebut harus terpisah dengan jalan akses masuk penghuni rumah sehingga meminimalisir kerusakan. Atau anda bisa membuatkan jalur pijakan kaki khusus sehingga kebun kecil di depan rumah anda juga bisa lebih optimal. Setelah menghitung area halaman anda dan ternyata masih cukup untuk ditempati selain tumbuhan-tumbuhan, mungkin anda bisa menambahkan komponen lainnya. Seperti kursi taman, kolam pancuran, dan lainnya yang dapat memperindah tampilannya.

3. Pilih Titik Lokasi Yang Tepat

Meskipun anda sudah menentukan bagian halaman depan rumahlah yang akan dijadikan kebun kecil. Namun anda tetap harus menentukan lokasi yang tepat untuk penempatan taman rumah. Sebaiknya pilih titik lokasi dimana tanaman bisa langsung terkena sinar matahari. Jika di halaman anda tidak memiliki titik ideal seperti ini, anda masih bisa memanfaatkanarea lainnya yang terkena paparan sinar matahari dan dekat dengan sumber air. Ketika menggunakan tips ini membuat kebun kecil depan rumah, maka pastikan juga jika lahan tersebut dapat diakses mudah sehingga perawatan tanaman juga lebih efisien.

4. Pilih Tanaman untuk Taman Rumah

http://villages-lorraine.com/wp-content/uploads/2020/01/Untitled-7.jpg

Selanjutnya, ketika ingin membuat taman sederhana di depan rumah. Cara selanjutnya yang harus anda lakukan adalah dengan memilih jenis tanaman yang akan anda tanam. Dalam proses ini, anda bisa memilih tanaman yang tepat dan sesuai kondisi cuaca dan iklim yang ada di lingkungan anda. Sesuaikan pula ukuran dan dimensi tanaman dengan luas taman yang ada di depan rumah.

Perlu anda ketahui, jika ada beberapa bibit tanaman yang bisa langsung ditanamkan ke tanah. Namun ada pula jenis bibit tanaman lainnya yang hanya bisa ditanamkan secara terpisah menggunakan pot. Jadi pastikan anda mempelajari bagaimana karakter tamana yang anda rawat sehingga taman kecil anda juga bisa lebih optimal. .

5. Maksimalkan Kualitas Tanah

Meskipun taman yang akan anda buat kecil dan terbatas namun kualitas tanah yang digunakan juga tidak boleh sembarnagan. Untuk menambah nutrisi dan unsur hara di dalam tanah taman, manfaatkan pupuk organik dari sisa daun dan buah yang membusuk ataupun dari kotoran hewan. Pastikan untuk memberikan pupuksecara merata. Bisa anda mencoba untuk mencangkul tanah sehingga oksigen dan air bisa mudah terserap hingga ke akar tanaman.

6. Perhatikan Penataan Tanaman Pada Taman Minimalis

contoh gambar taman rumah

Penataan yang tepat menjadi kunci penting jika anda ingin mendapatkan tampilan taman yang cantik minimalis meskipun di lahan yang terbatas. Salah satunya dengan menempatkan tanaman dengan rapi dan baik. Jangan menempatkan tanaman dengan jarak berdekatan yang malah membuat lahan semakin sempit. Tempatkan tanaman dengan penataan lurus serta beri sedikit jarak agar kelihatan lebih rapi. Untuk menghindari tampilan yang terlalu monton, jangan hanya menempatkan 1 jenis tanaman saja di area yang sama. Kreasikan beberapa jenis tanaman di dalam kebun kecil anda. Jika terkendala dengan lahan sempit, anda bisa menata secara vertikal menggunakan media tanam gantung yang bisa diletakkan di dinding maupun atap teras.

7. Perhatikan Pembangunan Drainase

Pembangunan drainase juga sangat penting dalam pembangunan kebun kecil di depan rumah. Drainase yang dibangun tepat sangat dibutuhkan karena lahan taman setiap harinya akan terkena siraman air. Karena itulah pastikan jika saluran drainase terhubungkan dengan saluran pembungan air. Buat saluran drainase sedikit di bagian bawah permukaan taman sehingga memudahkan penyerapan air.

Inspirasi Desain Taman Rumah Kecil Minimalis

Ada banyak desain taman yang bisa anda terapkan ke dalam halaman rumah yang terbatas. Dan berikut ini beberapa inspirasi kebun kecil yang bisa anda terapkan ke dalam rumah anda.

1. Sulap Teras Menjadi Taman Rumah

Tak selalu harus berada di area terbuka, anda bisa menyulap teras rumah beratap anda menjaid sebuah taman rumah minimalis yang cantik. Caranya tidak dengan membongkar lantai teras, cukup letakkan pot-pot bunga berwarna-warni dan cantik di teras rumah. Agar membuat tampilan taman semakin cantik, gunakan jenis tanaman bunga berkelopak besar yang memiliki warna senada dengan desain eksterior rumah.

2. Konsep Taman Living Wall

taman rumah

Konsep taman Living Wall (taman vertikal) juga menjadi desain pilihan terbaik jika anda memiliki lahan terbatas untuk membuat taman. Manfaatkan dinding kosong untuk taman di depan rumah. Sediakan besi atau kayu penyangga dan kemudian bisa anda isi dengan pot-pot kecil tanaman hijau yang memiliki daun memanjang untuk membuat taman rumah semakin segar.

3.Pot Gantung Di Depan Rumah

Tidak punya lahan cukup untuk menempatkan pot tanaman anda? Gantungkan saja pot-pot tanaman bunga anda di depan rumah. Ini juga menjadi kreasi yang baik dalam menciptakan taman rumah sederhana. Pilih pot yang berukuran kecil dengan dilengkapi rantai besi untuk gantungan. Namun pastikan jika pemasangannya sudah aman apalagi jika anda memiliki anak kecil yang sering bermain di luar ruangan.

4. Taman Depan Rumah Pintu Masuk

Bagian depan pintu masuk juga bisa anda jadikan sebagai taman rumah yang minimalis. Caranya cukup simple, anda hanya perlu menempatkan beberapa tanaman di dalam pot kecil dengan bentuk beragam. Susun rapi di dekat pintu masuk namun jangan sampai menghalangi jalur keluar masuk penghuni rumah. jangan lupa pula memangkas tanaman secara teratur agar tidak menganggu pemandangan depan rumah.

Bagaimana? Mudah bukan mendesain taman kecil yang cantik dan minimalis di depan rumah? Anda bisa menerapkan tips dan desain diatas untuk membuat tampilan hunian yang sejuk dan juga sehat.