Pengertian Kredit Kepemilikan Tanah dan Programnya

Lahan Dijual di Kotakulon , Kota Bondowoso | Lamudi

Pengertian Kredit Kepemilikan Tanah dan Programnya – Properti merupakan sesuatu yang mahal di era milenial ini. Bukan tanpa sebab tanah dan juga rumah merupakan kedua hal yang cukup sulit untuk dicari. Karena sudah memiliki keterbatasan lahan yang ada terutama jika anda mencarinya di kota, termasuk salah satunya banyak masyarakat indonesia yang berusaha sebagaimana mungkin agar bisa membeli tanah dan juga rumah untuk ditempati oleh keluarga mereka.

Salah satunya adalah bagi anda yang memutuskan untuk menggunakan program kredit kepemilikan tanah. Dalam artikel ini akan kita bahas secara lengkap mengenai pengertian dari KPT, dan juga cara mengajukan serta syarat yang harus anda penuhi jika memang tertarik.

Kredit Kepemilikan Tanah

Syarat dan Proses Pengajuan Kredit Pemilikan Tanah | Rumah.com

Kredit kepemilikan tanah, sebenarnya sama halnya seperti kredit barang ataupun produk lainnya misalnya rumah tokoh atau bangunan, namun bentuknya memang hanyalah tanah. Hal ini dilakukan oleh banyak orang yang memutuskan untuk menabung terlebih dahulu, mengingat harga tanah memang cukup mahal.

Terutama jika anda membelinya di perkotaan kredit kepemilikan tanah ini bisa membantu anda yang memiliki pemasukan tidak terlalu besar. Tetapi bisa memiliki tanah dalam kurun waktu 5 hingga 10 tahun kedepan. Sehingga tanah tersebut nantinya bisa dialokasikan untuk rumah ataupun investasi jangka panjang yang digunakan untuk keluarga anda.

Tipe Kredit Kepemilikan Tanah

Berbicara mengenai KPT atau kredit kepemilikan tanah sendiri, sebenarnya ada beberapa tipe yang bisa anda pilih diantaranya yaitu : 

KPT Non subsidi

Pertama jenis kredit kepemilikan tanah yaitu kredit non subsidi atau komersial. Untuk jenis program ini bisa diberlakukan untuk semua masyarakat di indonesia tanpa terkecuali. Namun harganya tidak memiliki subsidi atau sesuai dengan pasar yang berlaku selanjutnya besaran biaya yang ditimbulkan termasuk bunga dari bank, dan juga ketentuan memang mengikuti adanya bunga pasar yang sedang berlaku.

Sehingga anda hanya bisa menyesuaikan dan juga menerima perhitungan sesuai yang ditentukan hal yang perlu diperhatikan adalah besaran cicilan tidak dipastikan. Karena berbeda setiap bank nya dan anda harus menghindari adanya denda, karena keterlambatan pembayaran. Keuntungan lain dari kredit ini tentu saja pemakaiannya tidak terikat dan anda bisa menggunakannya. Untuk berbagai tujuan mulai dari apartemen ruko rumah ataupun tujuan bisnis.

KPT Syariah

Hal kedua yang bisa dilakukan yaitu kredit syariah. Bagi anda yang memang tidak ingin mendapatkan bunga serta ingin mendapatkan biaya cicilan flat. Maka anda bisa menggunakan program yang satu ini prinsipnya anda menggunakan bank yang menyediakan program syariah. Sehingga anda bisa menggunakan kredit kepemilikan tanah mereka.

KPT Subsidi

Terakhir yaitu program kredit kepemilikan tanah dengan sistem subsidi khusus bagi warga indonesia yang memiliki penghasilan rendah, serta belum memiliki tempat tinggal atau sebidang tanah pun. Bisa menggunakan program satu ini pembayarannya maksimum 20 tahun. Memiliki suku bunga flat dan tidak boleh menjual tanah beserta rumah tersebut dalam kurun waktu 5 tahun. Mulai dari anda melakukan kredit.

Syarat Kredit Kepemilikan Tanah

PT Bank Mestika Dharma, Tbk.

Setelah memahami mengenai program dari beberapa kredit kepemilikan tanah. Selanjutnya adalah syarat yang harus dipenuhi ada beberapa syarat, sebelum memutuskan untuk mengajukan kpt agar anda bisa menyiapkan berkas yang dibutuhkan. 

Usia Minimal 21 Tahun

Pertama anda harus berusia diatas 21 tahun syarat ini wajib karena beberapa bank seringkali memiliki peraturan yang terikat. Sehingga usia minimal pemilik ataupun pengajuan kredit haruslah 21 tahun ataupun sudah menikah.

Tidak Lebih dari 50 Tahun

Selanjutnya syarat yang harus dipenuhi saat anda memutuskan untuk mengajukan kpr tersebut pastikan bahwa usia anda tidak lebih dari 50 tahun. Hal ini berkaitan dengan resiko adanya usia yang terlalu tua ketika mengajukan pinjaman. Sehingga apabila para pemilik mengambil tenor 20 tahun maka terlalu lama.

Karyawan Tetap

Terakhir hal yang harus diperhatikan apabila anda memutuskan untuk mengajukan KPT yaitu syarat menjadi karyawan tetap minimal 2 tahun. Bekerja bagi anda yang belum bekerja maka tidak bisa mengajukan KPT ini.

Beli Tanah Kosong Ternyata Bisa Dicicil Lho, Ini Cara ...

Selanjutnya hal yang harus bisa disiapkan ketika memutuskan untuk menggunakan kredit kepemilikan tanah atau tertarik yaitu dokumen beberapa dokumen penting diantaranya yaitu :

  • Fotokopi KTP pemohon
  • Fotokopi NPWP pemohon
  • Akta nikah atau cerai
  • Kartu keluarga
  • Buku rekening tabungan yang menampilkan kondisi keuangan 3 bulan terakhir
  • Apabila bekerja sebagai wiraswasta, diperlukan bukti transaksi keuangan usaha, SIUP, dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
  • Dokumen kepemilikan agunan (SHM, IMB, PBB)

Setelah mengetahui mengenai istilah dan juga tipe dari kredit pemilikan tanah maka hal yang bisa dilakukan yaitu proses pengajuan nya. Setelah mengetahui atau memilih bank mana yang sekiranya dapat memberikan keuntungan untuk pengajuan, anda maka proses selanjutnya yang bisa dilakukan yaitu melengkapi data dan juga mengajukan permohonan kredit.

  1. dengan cara mengisi formulir yang disediakan
  2. Ada banyak hal yang dianalisa oleh bank mulai dari luas tanah lokasi dan juga harga pasaran misalnya saja lokasi tersebut berada di pinggir jalan atau masuk ke dalam gang dan lain sebagainya
  3. Ditambah lagi pastikan juga tanah yang akan dicicil sudah mengantongi sertifikat hak milik sebab. Jika masih memiliki status girik atau akta jual beli, maka bank akan sulit mencairkan plafon kredit nya.
  4. Selain itu apabila anda ingin menggunakan hak milik atas tanah memberikan kewenangan untuk menggunakan bagi segala macam keperluan. Maka anda harus bisa memilih program yang tepat

Jangan menggunakan program subsidi hak milik atas tanah, adalah hak turun-temurun dan terkuat serta sepenuhnya dimiliki oleh orang yang punya tanah tersebut.

Cara Memilih Tanah yang Tepat

Mau Beli Tanah Pakai Kredit Pembelian Tanah (KPT) ? Cek 3 Hal ...

Cara memilih tanah yang tepat hal ini sangatlah penting ketika anda memutuskan untuk melakukan kredit pemilikan tanah. Maka tanah yang anda beli haruslah tepat dan juga sesuai misalnya pertama anda harus bisa melakukan cek lokasi dan mengetahui lingkungan di sekitar. Apakah ada akses jalan yang bisa dilalui menggunakan mobil atau motor kemudian bagaimana kondisi jalan dan juga batas wilayah di area tersebut.

Selanjutnya hal yang harus diketahui lainnya yaitu investasi dan prospek kenaikan harga properti umumnya beberapa area yang mungkin masih terlihat sepi, memiliki prospek tersebut. Karena sudah adanya beberapa fasilitas umum seperti sekolah, layanan, kesehatan, perbelanjaan ataupun akses transportasi terdekat. Dengan begitu harga dari tanah yang anda miliki akan berharga cukup mahal dan anda bisa menggunakannya untuk pengajuan.

Hal ini yang bisa dilakukan untuk bisa memilih tanah dengan tepat yaitu ketahui jenis tanahnya banyak sekali bank yang seringkali menanyakan mengenai kondisi anak. Hindari membeli tanah yang dekat dengan sungai pabrik jalur listrik bertekanan tinggi, untuk membantu mencegah resiko yang bisa datang di kemudian hari terakhir lihat status tanah tersebut. Misalnya adakah rencana tata kota yang terjadi kemudian dia juga KLB atau koefisien lantai bangunan. Sehingga tanah tersebut cukup aman untuk anda ajukan kredit kepemilikannya.