Pengertian dan Keuntungan Membeli Rumah Lelang

Gambar terkait

Lelang rumah saat ini banyak dilakukan dan tidak sedikit bank yang menawarkan rumah sitaan. Rumah dilelang ini biasanya dilepas lewat bank-bank di Indonesia. Apakah Anda adalah salah satu orang yang tertarik untuk mendapatkan rumah tersebut? Pelajari cara pembelian dan keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika membeli rumah lelang.

Saat ini membeli rumah yang dilelang bisa menjadi pilihan menarik yang dapat Anda lakukan untuk berinvestasi. Tak hanya rumah, properti lainnya seperti ruko, tanah, unit apartemen hingga gedung komersial bisa dilelang jika persyaratannya yang ditentukan sudah dipenuhi.

Pada dasarnya, lelang rumah sitaan bank memiliki alasan serta latar belakang masing-masing. Hal tersebut kembali pada permasalahan yang terjadi antara pemilik rumah dan pihak bank. Banyak orang yang menginginkan rumah tersebut karena harga rumah bisa jauh lebih murah dibandingkan dengan rata-rata harga rumah pada umumnya.

Tentu, harga yang murah ini membuat Anda harus bersaing dengan orang lain yang menginginkan rumah lelang. Sebelum melihat-lihat rumah serta properti untuk Anda yang masih pemula, akan kami bahas pengertian dari rumah lelang.

Pengertian Rumah Lelang

Lelang rumah dilakukan oleh bank pemberi kredit perumahan yang menyita rumah dari pengkredit yang tak mampu melunasi rumah sesuai dengan waktu yang ditentukan. Membeli rumah hasil sitaan bank melalui lelang bisa menjadi alternatif bagi masyarakat untuk mendapatkan rumah yang masih bagus dengan harga yang murah. Rumah seperti ini berharga lebih murah karena bank pemberi kredit sudah mendapat untung dari bunga yang disetor oleh pengkredit. Walaupun lebih murah, membeli rumah lelang dipastikan aman jika Anda teliti sebelum Anda membeli.

Untuk itu, perlu anda perhatikan beberapa hal sebelum membeli rumah lelang yang kami rangkum berikut ini.

Ketahui terlebih dahulu tentang rumah lelang yang akan Anda beli lewat proses lelang sebelumnya.

Hasil gambar untuk rumah lelang

Biasanya sebelum diadakan lelang, pelelang akan merilis informasi tentang property yang akan di lelang. Jika tidak cermat saat membeli rumah lelang, maka Anda harus menerima segala kerusakan atau kecacatan rumah tersebut. Untuk itu kami sarankan untuk Anda teliti dengan jenis rumah lelang yang akan Anda beli. Sebagai peserta, Anda harus memastikan objek yang dilelang tidak lagi berpenghuni atau dalam artian rumah tersebut sudah kosong dan resmi untuk dapat dibeli.

Oleh karena itu, Anda sebagai pembeli lelang yang sah tetap harus bernegosiasi dan menyediakan uang pengganti. Hal itu agar pemilik rumah sebelumnya mau mengosongkan rumah.

Tahap selanjutnya, sediakanlah saksi jika Anda telah bersedia memberikan uang pengganti bagi penghuni lelang sebelumnya. Saksi bisa dari pihak Anda dan juga dari warga setempat atau petugas dari kelurahan setempat.

Jika penghuni sebelumnya yang rumahnya telah dilelang tidak mau meninggalkan rumahnya, maka Anda bisa melakukan pengajuan gugatan hukum. Pengadilan dan juru sitalah yang akan turun tangan untuk mengosongkan rumah tersebut.

Mengapa Ada Rumah yang Dilelang?

Hasil gambar untuk rumah lelang

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa adanya rumah yang dilelang karena sang pemilik rumah tidak bisa melunasi kredit yang tidak bisa ia lunasi pada bank. Biasanya, sang pemilik rumah terjerat kasus hukum dengan negara atau bank.

Bukan rahasia lagi bila rumah yang dijual dengan cara tersebut memiliki harga jauh lebih murah dari standar pasar rumah pada umumnya. Faktanya, rumah yang dilelang bisa jauh lebih murah karena penjual tidak berniat untuk mendapatkan keuntungan.

Pada umumnya, rumah-rumah yang dilelang merupakan hasil sitaan karena pemilik tersangkut perkara utang-piutang. ataupun gagal bayar KPR ke pihak bank. Lelang sendiri dilakukan agar kreditur tidak mengalami kerugian dan bisa mendapatkan kembali uang yang telah dipinjam oleh pihak debitur yang dalam hal ini pemilik rumah.

Namun biarpun murah, bukan berarti Anda dapat menawar harga rumah tersebut seenaknya. Saat proses pelelangan rumah, pihak bank atau KPKNL sebagai penyelenggara telah menetapkan batasan harga minimal dari rumah yang akan dilelang.

Proses lelang Jadi Strategi Pemerintah untuk membantu masyarakat. Adanya bantuan PSU diharapkan dapat membuat harga rumah bersubsidi akan lebih terjangkau untuk masyarakat yang ingin memiliki rumah dengan tipe yang diinginkan. Rencananya bantuan PSU ini akan berupa jalan, area parkir, lapangan olahraga, penerangan jalan umum, air minum, dan tempat pengelolaan sampah akan disediakan.

Melanjutkan dari pembahasan sebelumnya, rakor tersebut berusaha menunjukkan bukti adanya era baru. Itu terkait pengadaan bantuan PSU untuk perumahan yang bersubsidi. Menurut informasi yang beredar, Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan juga akan melaksanakan lelang dini PSU, dengan harapan bisa mempercepat proses pembangunan dan meningkatkan kualitas dari PSU yang dihasilkan. Semua usulan PSU tahun anggaran 2016, khususnya yang ada di kawasan perumahan masyarakat, merupakan usulan yang berasal dari pemerintah daerah untuk kesejahteraan masyarakat. Meski tampak jauh, namun pelelangan masuk menjadi salah satu upaya pemerintah bersamaan dengan program PSU yang dijalankan.

Bank BTN dan Program Rumah Lelang

Gambar terkait

Dilansir dari Detik.com, PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) sebagai bank yang menyediakan program KPR. Memiliki portal atau situs rumahmurahbtn.com yang berisi ribuan rumah murah yang pembayaran cicilannya macet. Rumah-rumah tersebut dijual dengan harga yang murah.

Penjualan online ini diharapkan bisa membuat mudah masyarakat dalam mendapatkan hunian yang terjangkau. Lewat situs tersebut, Anda diminta untuk mengikuti lelang di Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) untuk mendapatkan lelang rumah bank btn dengan harga terjangkau.

Kemudian setelah menang Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) akan menerbitkan risalah lelang untuk pelunasan objek lelang.

Bagaimana caranya supaya menang dalam membeli rumah

Gambar terkait

Salah satu Pemilik dari PT Anugerah Jaya Realty, perusahaan yang bergerak di bidang manajemen properti dan pengembangan Andreas N. Widjaja menjelaskan bahwa, dalam membeli rumah lelang, calon pembeli harus menyediakan 30% dari limit harga lelang.

Kemudian pastikan memiliki dana segar untuk melunasi investasi lelang yang Anda beli, peserta lelang juga harus berani menawar objek lelang dengan harga yang wajar.

“Karena itu tetap harus survey harga pasar dan ke lapangan untuk melihat langsung kondisi bangunan untuk memberi gambaran berapa tawaran yang akan kita ajukan saat lelang dan estimasi harga renovasi,” kata Andreas.

Menurut dia, dalam berburu rumah bekas rumah hasil lelang memang butuh kejelian dari para peminat yang mengikuti lelang. Pasalnya, selain masalah renovasi, lokasi serta akses transportasi, hal lain yang diperhatikan adalah lingkungan dari objek yang akan dilelang.

“Para peminat rumah bekas biasanya menyukai lingkungan yang sudah terbentuk dan memiliki fasilitas umum dan sosial yang baik sehingga langsung nyaman ditempati,” ujar Andreas.

Oleh karena itu, bagi Anda yang berminat ikut Lelang rumah. Pahami alur dan pemilihan objek lelang.